Pastikan Lancar, Wabup Amir Sakib Tinjau Pelaksanaan UNBK 

0
29

KUALA TUNGKAL – Wakil Bupati Tanjab Barat Drs. H. Amir Sakib meninjau pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) hari kedua ditingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Madrasah Tsanawiyah (MTs) yang dilangsungkan secara serentak.

Peninjauan yang dilakukan bersama Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanjab Barat Martunis. M. Yusuf S. Pd, M. Pd ini, guna memastikan pelaksanaan UNBK berjalan lancar.

“Kita ingin memastikan seluruhnya UNBK berjalan dalam keadaan baik agar para siswa dapat mengerjakan UNBK dengan kondusif dan tertib. Alhamdulillah hari kedua berjalan lancar,” ungkap H. Amir Sakib usai melakukan peninjauan, Selasa (24/4).

Wabup juga mengapresiasi kerja keras dinas terkait dan panitia UNBK, sehingga sistem ujian dengan komputer bisa dilaksanakan dengan lancar di 18 SMP/MTs penyelenggara UNBK.

“Semoga kelulusan tahun ini terus membaik,” katanya.

Sementara Kepala MTs Negeri 1 Tanjab Barat, H. Rusli Zaenal, M.Pd.I mengatakan disekolahnya sebanyak 284 siswa yang mengikuti UNBK. Mereka terdiri dari 128 laki-laki dan 156 perempuan.

Mengenai kesiapan siswa, Rusli mengemukakan secara teknis tidak menemui kendala, karena para siswa telah dibekali simulasi dan pelatihan-pelatihan (try out) sebanyak 3 kali. TIK sudah tidak asing lagi bagi siswa karena sudah masuk dalam pelajaran muatan lokal.

“Menjelang hari H, para siswa telah dibekali dengan 1 kali try out dan 3 kali simulasi. Demikian pula sejumlah tenaga didik pun sudah mengikuti pelatihan, untuk mendukung program tersebut,” terangnya.

Dibeberkannya, dalam pelaksanann UNBK Panitia UAMBN-BK menyiapkan 100 unit laptop. Peserta dibagi dalam 3 sesis teragi dalam 2 rang. Setiap ruang terdiri 48 siswa. Jadi setiap sesi 96 siswa.

“Untuk mengantisipiasi permasalahan teknis pihaknya sudah menyediakan peralatan cadangan seperti halnya laptop, genset dan server,” tukasnya.

Berdasarkan Data Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Tanjab Barat. UNBK Tahun 2018 diikuti 2.016 siswa dengan 18 sekolah SMP/MTs penyelenggara UNBK yang telah dimulai sejak 23 hingga 26 April 2018.

Adapun mata pelajaran pada hari pertama kemarin, mata pelajaran yang diujikan adalah Bahasa Indonesia. Menyusul tiga hari kedepan adalah Matematika, IPA dan Bahasa Inggris.

Beberapa sekolah yang disambangi diantaranya SMP Negeri 2 Kuala Tungkal, SMP Negeri 1 Kuala Tungkal, SMP Negeri 3 Kuala Tungkal dan MTs Negeri 1 Tanjab Barat. (w02)

LEAVE A REPLY