Ketua AMTI Dampingi Kakanwil Kemenag Pantau Hilal

0
34

warnajambi.com, JAMBI –  Kakanwil Kemenag Provinsi Jambi, Selasa (15/5) sore saat Memantau Hilal langsung didampingi Ketua AMTI, Tajri Dannur atau yang akrab disapa Memet.

“Untuk penentuan awal Ramadan 1439 H, Kementerian Agama Provinsi Jambi kita baru saja melakukan pemantauan posisi hilal dan hasilnya dan nantinya akan dilaporkan kepada Menteri Agama sebagai bahan pertimbangan dalam Sidang Itsbat,” ujar Ketua AMTI.

“Semoga setelahnya ditetapkannya awal Ramadan kita dapat melaksanakan puasa dengan lancar, “pungkas Memet.

Sebelumnya,” Dari tadi berdasarkan ru’kiyat kita tidak melihat hilal, tidak terlihat posisi hilal min  hari ini kita melakukan pemantauan rukiyatul hilal yang perlu saya sampaikan, ini nanti akan disampaikan oleh Tim, jadi penetapan  1 Ramadan  nanti kepuutsan Sidang Isbat,” ujar Muhammad saat konferensi pers, Selasa (15/5) sore.

Sementara itu, Wakil Ketua  Tim Hisab dan Rukyat   Kementerian Agama Provinsi Jambi Drs. Rahmadi  M. HI. Kepada media di Jambi mengemukakan tentang posisi hilal pada saat dilakukan pemantauan tidak terlihat hilal.

” Tapi  mengapa kita melakukan rukyatul hilal karena ini perintah agama jadi ini bernilai ibadah, hilal dibawah wupu’ hilal sekarang ini belum konjungsi, karena secara hisab 3 persyaratan tidak terpenuhi, kalaupun ada yang melihat hilal perwakilan hakim kita dari Pengadilan Agama berpeluang untuk menolak   tidak mungkin untuk menerima, di Indonesia itu adalah memadukan antara hisab dan rukyat, hisab sekarang ini dibuktikan dengan rukyat, apa lagi pemerintah Indonesia bermazhab Inkanurrukyah artinya memungkinkan hilal dirukyah, hari ini tidak memungkinkan untuk dirukyat, berpeluang  besar  bilangan bulan Sa’ban digenapkan 30 hari,  kita tetap menunggu Sidang Isbat Kementerian Agama RI,” ungkapnya. (w01)

LEAVE A REPLY